(Surabaya, 6 Mei 2023) – Komunitas Kreasi Digital (KKD) adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi sekaligus berdiskusi dengan para kreator konten agar lebih bijak dalam bermedia sosial selagi menjalani aktivitas kreatifnya dalam memproduksi konten di media sosial dengan tajuk “How to Be a Successful Content Creators and Influencers”. Sejatinya, kreator konten atau influencers di media sosial memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan konten yang positif dan tidak memberikan dampak negatif kepada siapapun yang mengonsumsinya. Setelah sebelumnya erhasil mengadakan kegiatan KKD di Medan dan Balikpapan, kali ini KKD diadakan di Kota Surabaya yang dilaksanakan di VASA Hotel pada hari Sabtu, 6 Mei 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari kreator konten, komunitas, dan masyarakat umum.
Kegiatan KKD dibuka dengan pemaparan materi mengenai empat pilar literasi digital yaitu Kecakapan Digital (Digital Skills), Keamanan Digital (Digital Safety), Budaya Digital (Digital Culture), dan Etika Digital (Digital Ethics). Materi empat pilar literasi digital di KKD Surabaya dibawakan oleh Ida Ayu Prasastiasih, Program Director dari ICT Watch, dan Ketua Into The Lights Indonesia. Dalam pemaparannya, Ida menyampaikan bahwa pentingnya literasi digital untuk para kreator konten atau siapapun yang aktif bermedia sosial agar tidak memberikan atau membuat konten negatif yang berdampak buruk bagi masyarakat, “Waktu yang kita habiskan untuk di media sosial, membuat kita lebih banyak fokus dan patuh di media sosial. Maka saya bilang, sebelum punya cita-cita jadi influencer, materi pagi ini harus dipahami dulu supaya tidak ketangkap (melanggar) Undang-Undang nanti.” ujar Ida.
Di sesi selanjutnya sekaligus sesi terakhir, materi yang bertajuk “How to Be a Successful Content Creators and Influencers” dibawakan oleh Edho Pratama atau biasa dikenal dengan Edho Zell, CEO Social Bread dan Wakil Ketua Umum Siberkreasi bidang Kreatif. didampingi oleh kreator konten asal Surabaya, Abibayu Gustri Kamadjadja. Dalam materinya, Edho Zell menyampaikan tips-tips khusus untuk para kreator konten atau siapapun yang ingin memulai untuk membuat konten kreatif di media sosial.
Edho Zell menyampaikan bahwa penting untuk memahami dan menentukan platform media sosial yang akan digunakan untuk membuat konten kreatif. Menurutnya, pada saat ini TikTok merupakan platform yang cocok untuk memulai membuat konten kreatif dikarenakan pengguna aktifnya yang banyak, “Kita harus mengerti platform yang akan kita gunakan. Dan saat ini, platform yang paling banyak peminatnya adalah TikTok. Jadi kalau teman-teman masih berkutat di platform lain, buru-buru pindah ke platform TikTok karena TikTok menjadi aplikasi user terbanyak 98,7 juta pengaktif user saat ini dan sudah di download 460 juta pengguna.” jelas Edho Zell.
Komunitas Kreasi Digital (KKD) adalah program Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang bekerja sama dengan Social Bread yang termasuk bagian dari program literasi digital untuk masyarakat umum dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website gnld.siberkreasi.id atau media sosial Instagram @siberkreasi. (*)