Yogyakarta, 15 Juni 2023 – Rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel, yakni Internet BAIK Series 7 yang telah berlangsung pada Februari – Juni 2023 sampai pada puncaknya dengan ditandai penyelenggaraan Awarding Internet BAIK Heroes di SMAN 1 Sewon Yogyakarta (15/6). Melalui program Internet BAIK, Telkomsel mempertegas komitmen prinsip berkelanjutannya sebagai digital social impact enabler dalam membangun karakter bangsa, khususnya para generasi muda sebagai pengguna internet secara BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif). Program Internet BAIK mengusung tema ‘Inspire, Be Creative, Be Positive’, mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran dan pengetahuan terkait pemanfaatan teknologi digital, serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat dalam berinteraksi di ruang digital secara positif dengan menciptakan konten digital yang kreatif dan inspiratif.

Siberkreasi sebagai Gerakan Nasional Literasi Digital Indonesia turut hadir dalam puncak gelaran program Internet BAIK Series 7, diwakili oleh Koordinator Divisi program Siberkreasi, A.Hamas Nahdly, sekaligus memberikan materi terkait; “Menjadi Konten Kreator Cerdas, Kreatif, dan Berbudaya.” Hal ini sebagai upaya bentuk dukungan dalam program Internet Baik dan menciptakan ruang digital yang positif dan inspiratif, seperti yang diutarakannya sebagai berikut:

“Sebagai konten kreator, kita juga punya tanggungjawab moral dan sosial untuk memberikan edukasi dan menghindari konten-konten yang mengandung unsur SARA maupun ujaran kebencian”

“Kunci keberhasilan sebagai konten kreator adalah ketika kita mampu mengidentifikasi potensi diri yang kita punya, mengenali target audiens kita dengan baik, serta konsistensi dalam membuat dan mengembangkan ide-ide yang akan menjadi bahan konten tersebut”

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono menjelaskan, “Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menyatakan bahwa disepanjang tahun 2021 pemerintah telah melakukan pemutusan akses terhadap 565.449 konten negatif dan melakukan penerbitan klarifikasi terhadap informasi yang tidak tepat (hoax debunking) sekira 1.773 isu hoaks/disinformasi. Hal tersebut menggambarkan bahwa akses pemanfaatan teknologi, khususnya penggunaan ruang digital, masih banyak dihiasi oleh berbagai konten negatif yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat. Untuk itu, Telkomsel melalui program Internet BAIK berkomitmen untuk terlibat aktif dalam peningkatan literasi digital masyarakat dengan menghadirkan ragam edukasi berupa seminar, online training dan online competition, mendorong pemanfaatan internet dan media sosial secara positif untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitasnya, sekaligus mendukung gerakan nasional SiBerkreasi dari Kementerian Kominfo RI untuk meminimalisir penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying, dan online radicalism.”

Dalam program ini juga dilaksanakan online training sebanyak 120 kelas yang diikuti lebih dari 1800 peserta yang menggunakan metode synchronous and asynchronous learning, project-based learning, dan online assistance terkait fundamental penggunaan akses internet serta pembuatan konten secara kreatif dan inspiratif. Digelar juga online competition Internet BAIK yang merupakan kompetisi pembuatan konten digital kreatif dan positif, yang menghasilkan sebanyak 1.183 konten digital dari 271 content creator yang mencakup topik konten edukasi, hiburan, travel, motivasi dan informasi.